Contoh Teks Pidato Bahasa Indonesia Tema Pendidikan Untuk Ujian Praktik


Pentingnya Pendidikan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Ibu Rakyan Pamikatsih S.Pd. selaku guru bahasa Indonesia,
Dan teman-teman yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan YME. Atas berkat rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal'afiat. Perkenankan saya berdiri di sini akan menyampaikan pidato singkat bertemakan pendidikan.

Pendidikan merupakan suatu proses yang ditempuh dalam jangka waktu lama dan tanpa mengenal umur. Pendidikan adalah cara untuk memajukan dan meningkatkan kualitas sumber daya baik alam maupun manusia. Peran pendidikan sangatlah penting bagi perkembangan suatu bangsa. Tanpa pendidikan dunia bisa hancur.

Suatu pendidikan dapat tercapai tentunya perlu rencana. Tahap demi tahap dilalui menuju arah yang lebis baik. Butuh waktu yang lama dan peran antara pendidik dengan peserta didik yang saling bahu membahu untuk menyongsong harapan yang mulia.

Dengan pendidikan kita dapat meraih cita-cita setinggi langit. Banyak yang dapat kita peroleh dari pendidikan. Banyak dari kita yang memperoleh fasilitas lengkap namun sulit bagi kita untuk menambah semangat belajar.

Pendidikan memerlukan sikap keterbukaan diri dari dalam manusia itu sendiri. Misalnya terbuka dalam menerima hal-hal baru, kebudayaan baru, ide-ide baru dan lain-lain. Namun sikap keterbukaan diri itu harus tetap disaring agar tidak merusak tatanan moral yang telah tertanam sejak dini.

Pendidikan dapat memunculkan ide-ide atau gagasan-gagasan tentang cara hidup baru. Dengan pendidikan pula, kita dapat berfikir apa, yang sebelumnya belum pernah terbesit dalam hidup kita.

Pendidikan juga harus dilengkapi dengan sikap sopan santun dalam bermasyarakat. Pendidikan tidak hanya menjadikan manusia pintar atau cerdas namun harus mengerti tata krama, taat kepada agama, dan patuh kepada orang tua serta guru.

Pendidikan merupakan jalan yang sangat penting bagi masa depan suatu bangsa. Khususnya bangsa Indonesia. Untuk mewujudkan pendidikan Indonesia yang lebih baik memang bukan perkara yang mudah, harus diimbangi dengan kerja keras antar warga masyarakat.

Bangsa Indonesia merupakan sebuah bangsa yang telah merdeka bebas dari penjajahan, Namun dalam segi pendidikan Indonesia masih terjajah. Tingkat kebodohan dan putus sekolah masih tinggi.

Hambatan utama dalam menyelenggarakan pendidikan yaitu kurangnya kesadaran diri masyarakat akan pentingnya pendidikan. Bahkan dianggap tidak penting, hanya membuang-buang waktu saja lebih baik bekerja mendapat uang dan dapat membantu ekonomi keluarga. Akibatnya banyak ditemukan anak-anak dibawah umur ditempat-tempat pekerja kasar. Misalnya kuli bangunan.

Bagi generasi muda penerus bangsa, janganlah takut pada kegagalan. Kegagalan hanyalah sukses yang tertunda. Tetap semangat, rajin belajar dan pantang menyerah.

Semoga pendidikan di Indonesia dapat melahirkan orang-orang yang berkepribadian baik, memiliki jiwa saling mengisi dan bersaing secara sehat dalam memajukan prestasi bangsa.

Sekian pidato singkat dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Haihaihai jumpa lagi sama akuuu, gimana pidatonya?? Semoga bermanfaat yahhh. Btw itu pidato ujian praktik aku wkwk. 

Komentar

  1. Good kak semuanya dipuji guru yg saya tulis

    BalasHapus
  2. Makasih pidatonyaπŸ˜ŠπŸ˜€πŸ˜πŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜Š

    BalasHapus
  3. NiceπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ˜€

    BalasHapus
  4. good bingits 😁😁

    BalasHapus
  5. makasi banyakk yaaa , ini pidato paling bagus menurut aku

    BalasHapus
  6. Good kak thank you kak atas pidatonya πŸ™πŸ™πŸ˜‡πŸ˜š☺

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unggah Ungguh Basa Jawa

Ringkasan IPS Benua dan Samudra Kelas IX